Kamis, 19 Mei 2011

Perlengkapan Standar Survival

Peralatan yang dijelaskan dibawah ini, merupakan perlatan, dan mudah dicari dan mudah dipersiapkan.

Korek api
Penting untuk diketahui, karena peralatan survival biasanya disimpan dalam waktu yang lama maka pilihan terbaik adalah memilih korek api kayu dibandingkan korek gas. Pemilihan ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya ledakan karena terlalu lama disimpan.

Kaca
Ada baiknya memilih kaca sebagai alat survival, dapat dimanfaatkan sebagai isyarat kepada pesawat penolong.

Plastik
Banyak sekali manfaat dari plastik, selain sebagai wadah penyimpanan air minum (setelah diproses) bisa digunakan sebagai tempat menampung air hujan atau digunakan sebagai shelter.

Pisau lipat
Lebih baik memilih pisau lipat serbaguna dari pada memakai pisau tebas, selain berukuran kecil yang memudahkannya untuk disimpan. Pisau lipat serbaguna bisa digunakan selain untuk memotong.

Fishing gear
Selain dapat digunakan sebagai alat pancing, fishing gear dapat digunakan sebagai media jebakan untuk hewan buruan berukuran kecil dan sedang.

Kabel kawat
Kabel kawat dapat digunakan untuk menggantung alat masak atau membuat jebakan.

Jarum, benang dan peniti
Inilah alat yang paling serbaguna, selain kegunaan dasar sebagai alat jahit pakaian. Peniti bisa digunakan sebagai mata kail untuk menangkap ikan, jarum bisa digunakan peluru sumpit untuk membunuh hewan ukuran besar. Bahkan kalo Anda tega, jarum dan benang bisa digunakan untuk menjahit luka.

Peluit
Pengirim sinyal suara, paling banyak digunakan.

Lilin
Sebagai sumber cahaya darurat.

Light stick
Kegunaannya hampir sama dengan lilin, keunggulannya adalah mampu disimpan dalam waktu lama dan bisa digunakan sambil berenang.

Pembersih air
Gunakan larutan iodine, ags plus atau tablet permanganat.

Garam
Dapat digunakan sebagai bumbu penyedap makanan dalam survival, menurut beberapa orang garam dapat digunakan untuk mengusir ular.

Teh atau Kopi
Teh bisa digunakan untuk membuat orang siuman (dengan cara didekatkan kepada hidung pasien) selain itu karena praktis teh atau kopi dibuat minuman hangat.
 
Sumber: http://clubrescue.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar